Kamis, 20 September 2012

Sosialisasi Biopori dengan Ibu-ibu PKK dan Posyandu di Kelurahan Langkapura

Dalam rangka lebih mengoptimalkan fungsi Biopori, diadakan sosialisasi biopori untuk ibu-ibu PKK dan Posyandu pada hari Kamis (20/09/2012) di Kelurahan Langkapura. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk menambah wawasan/pengetahuan serta ketrampilan pembuatan peresapan air dengan teknik biopori.Dengan diadakanya sosialisasi ini,diharapkan masyarakat bisa membuat dan menggunakan peresapan air secara biopori, yaitu dengan membuat lubang resapan biopori dalam tanah dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori.


Sambutan SEKCAM yang baru

Biopori adalah pori-pori berbentuk lubang (terowongan kecil) yang dibuat oleh aktivitas fauna/organisme tanah atau akar tanaman, yang bisa berfungsi menyerap air terutama sir hujan yang mengalir sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, tumbuhan sekitarnya serta membantu proses perubahan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai sebagai pupuk.


Penjelasan Biopori
Lubang resapan biopori (LRB) bisa dibuat dimana saja, baik di dalam tanah langsung, di bawah tanah di bawah saluran air. Pembuatan LRB ini sederhana, dan bisa dibuat dengan mudah. Hasilnya juga sangat menguntungkan untuk meningkatkan kadar humus dan menyuburkan tanaman.

























1 komentar:

  1. Semoga ibu-ibu menjadi penyemangat dan membangun kesadaran keluarga akan pentingnya Lubang Resapan Biopori

    BalasHapus